Senin, 23 Mei 2022

MAKALAH STUDI AGAMA-AGAMA “AGAMA ISLAM”

 MAKALAH STUDI AGAMA-AGAMA

“AGAMA ISLAM”

https://drive.google.com/file/d/14FPpyZ0Z1DLqKnSHSuU1MYrs3BDJ158-/view?usp=drivesdk








Oleh

Kelompok : 5

Nama Anggota Kelompok :

1. Ni Nyoman Ayu Gita Cahyani ( 211062 )

2. Kadek Tana Andriani ( 211063 )

3. Kadek Yogi Swari ( 211065 )

4. Ni Luh Sepiantari ( 211077 )

5. Ni Ketut Ratna Hevi Madona ( 211078 )

6. Ni Komang Novita Sari Dewi ( 211097 )

7. Yoni Putu Chrisvani ( 211120 )

8. Ida Ayu Putri Pidada Pradnyani ( 211122 )


STKIP AGAMA HINDU AMLAPURA

TAHUN AKADEMIK 2021/2022

KATA PENGANTAR


 Puji syukur penulis panjatkan kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmatNya Makalah ini dapat terselesaikan dengan tepat waktu.

Penulis menyadari bahwa tulisan ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat konstruktif dari pembaca dalam upaya penyempurnaan makalah ini. 

Semoga dengan adanya makalah ini mampu memberikan informasi mengenai Agama Islam di Indonesia, serta mampu memberikan pengaruh yang baik untuk menimbulkan rasa toleransi antar umat beragama di tengah perbedaan yang ada. 


Amlapura, 24 Mei 2022



Penulis 







                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   






DAFTAR ISI



COVER i

KATA PENGANTAR ii

DAFTAR ISI iii

BAB I PENDAHULUAN 1

1.1. Latar Belakang 1

1.2.  Rumusan Masalah 2

1.3. Tujuan Penulisan Makalah 2

1.4. Manfaat Penulisan Makalah 2

BAB II PEMBAHASAN 4

2.1. Awal mula dari munculnya agama islam di Indonesia. 4

2.2. Sistem kepercayaan dari agama islam. 7

2.3. Perkembangan agama islam di Indonesia. 10

2.4. Kitab suci dari agama islam. 14

BAB III PENUTUP 16

3.1. Kesimpulan 16

3.2. Saran 16

DAFTAR PUSTAKA 17






BAB I

PENDAHULUAN


 Latar Belakang 

    Perkembangan agama Islam di Indonesia mencapai jumlah penganut yang begitu besar ternyata telah melalui sejarah yang sangat panjang. Sejarah masuknya Islam ke Indonesia tersebut telah melalui berbagai periodisasi yang cukup menarik untuk kita ketahui.Sejarah dalam bahasa Indonesia berasal dari Melayu yang menyerap kata syajarah dari bahasa Arab yang berarti pohon, keturunan, asal-usul, silsilah dan riwayat. Kata ini masuk kedalam bahasa Melayu setelah akulturasi pada abad ke-13. Akulturasi yang kedua yaitu ketika masuknya kebudayaan barat pada abad ke-15 yang membawa kata historie (Belanda) history (Inggris) berasal dari bahasa Yunani, istoria yang berarti ilmu. Sejarah adalah pengalaman hidup manusia pada masa lalu dan akan berlangsung terus sepanjang usia manusia. Masyarakat Islam dibangun atas peradaban timur tengah kuno yang telah mapan sebelumnya. Dari peradaban timur tengah Pra-Islam, masyarakat Islam mewarisi pola institusi yang turut membentuk ihwal mereka pada zaman modern. Sejumlah institusi tersebut juga mencakup tatanan masyarakat kecil yang dibangun berdasarkan ikatan keluarga, keturunan (nasab) kekerabatan dan ikatan etnis, masyarakat pertanian dan perkotaan.3 Masuknya agama Islam ke dalam negeri Melayu ini nampaknya mempunyai keistimewaan sendiri, yaitu dengan jalan damai dan berangsur-angsur, jarang sekali dengan kekerasan dan di terima dengan sukarela oleh penduduk meskipun tidak dengan sekaligus.

 Islam di Indonesia merupakan mayoritas terbesar ummat Muslim di dunia. Ada sekitar 85,2% atau 199.959.285 jiwa dari total 234.693.997 jiwa penduduk Indonesia yang menganut agama Islam.1 Dari data tersebut, logis jika konstitusi Indonesia dari tahun 1945 sampai sekarang selalu memperhatikan nilai-nilai ke-Islaman. Masuknya Islam ke Indonesia belum dapat diketahui dengan pasti waktu dan siapa pembawanya. Dalam bukunya L’Arabie et les Indes Neerlandaises, atau Revue de I’Histoire des Religious, jilid I, Snouck Hurgronje, seorang ahli agama Islam kebangsaan Belanda, mengatakan bahwa agama Islam masuk ke Nusantara pada abad ke-13 dan dibawa oleh pedagang dari Gujarat, India. Hal ini berdasarkan bukti-bukti yang ada, yaitu Pertama, kurangnya fakta yang menjelaskan peranan bangsa Arab dalam penyebaran agama Islam ke Nusantara. Kedua, hubungan dagang Indonesia-India telah lama terjalin. Ketiga, inskripsi tertua tentang Islam terdapat di Sumatra memberikan gambaran hubungan antara Sumatra dengan Gujarat.2

Islam di Indonesia tersebar melalui peranan para ulama, yang disebut dengan walisongo. Kesembilan wali ini menyebarkan agama Islam dengan menggunakan caranya masing-masing. Jawa Timur mendapat perhatian besar dari para wali dengan ditempatkannya 5 wali. Maulana Malik Ibrahim, sebagai wali perintis, mengambil wilayah dakwahnya di Gresik. Setelah Malik Ibrahim wafat, wilayah ini dikuasai oleh Sunan Giri. Sunan Ampel mengambil posisi dakwahnya di Surabaya. Sunan Bonang sedikit ke utara di Tuban. Sedangkan Sunan Drajat di Sedayu. Jawa Tengah kebagian 3 wali dalam penyebaran agama Islam. Sunan Kalijaga di Demak, Sunan Kudus di Kudus, dan Sunan Muria di daerah pegunungan Muria. Sedangkan Jawa Barat hanya didatangi oleh 1 wali, yaitu Sunan Gunung Jati yang memilih tempat dakwahnya di Cirebon.3 Dalam sejarah Indonesia, tokoh Islam mempunyai peran yang sangat besar dalam pencetusan proklamasi sebagai awal lahirnya sebuah negara baru yang merdeka dan berdaulat. Hal ini tidak luput dari peran Sarekat Islam (SI) sebagai satu diantara organisasi politik di Indonesia abad ke-20 yang paling menonjol.5 SI adalah transformasi dari Sarekat Dagang Islam (SDI), didirikan pada 11 November 1911, oleh H. Samanhudi, seorang pedagang muslim kaya di Surakrta, Jawa Tengah. Pada 1912 SDI menjadi SI dan mendapatkan pemimpin organisator baru yang kompeten, H.O.S. Tjokroaminoto (1883- 1934).6 A.W.F. Idenburg, Gubernur Jenderal pada tahun 1911-an, menyadari ancaman yang dibawa SI terhadap kekuasaan kolonial dan pada bulan Maret 1914, ia hanya memberikan pengakuan kepada berbagai cabang SI, tidak kepada SI sebagai satu kesatuan organisasi.7

1.2.  Rumusan Masalah 

 Berdasarkan uraian latar belakang diatas, kami dapat mengungkapkan rumusan masalah   sebagai berikut :

Bagaimanakah awal mula dari munculnya agama islam di Indonesia?

Bagaimanakah sistem kepercayaan dari agama islam ?

Bagaimanakah perkembangan agama islam di Indonesia?

Apakah kitab suci dari agama islam ?

1.3. Tujuan Penulisan Makalah 

Berdasarkan rumusan masalah yang dibahas, maka tujuan dari penulisan makalah ini untuk mendiskripsikan:

Untuk mengetahui bagaimana awal mula munculnya agama islam di Indonesia.

Untuk mengetahui bagaimanakan sistem kepercayaan dari agama islam.

Untuk mengetahui perkembangan agama islam di Indonesia.

Untuk mengetahui apa kitab suci agama islam.

1.4. Manfaat Penulisan Makalah 

Manfaat Teoritis 

Diharapkan dengan penulisan makalah ini mampu menambah wawasan pengetahuan tentang Agama Islam di Indonesia.

Manfaat Praktis

Bagi Penulis 

Makalah ini dapat digunakan sebagai wawasan untuk menambah

pengetahuan tentang Agama Islam di Indonesia.


Bagi Pembaca 

Makalah ini dapat digunakan untuk menambah pengetahuan dan pengalaman kita tentang Agama Islam di Indonesia, serta mengetahui tentang perkembangan agama islam di Indonesia.























BAB II

PEMBAHASAN


 Awal mula dari munculnya agama islam di Indonesia.

Perkembangan Agama Islam di Indonesia mencapai jumlah penganut yang sangat besar. Indonesia sendiri terkenal dengan negara dimana penduduknya mayoritas menganut Agama Islam. Banyak yang berspekulasi jika Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-7 atau ke-8, karena beberapa bukti yang telah ditemukan. Bukti tersebut mencatat bahwa pada abad ke-7, terdapat pemukiman pedagang muslim dari Arab di Desa Baros, daerah pantai barat SumatRA Utara. Sementara sejarah masuknya Islam pada abad ke-13 Masehi, lebih menunjuk pada perkembangan Islam bersamaan dengan tumbuhnya kerajaan-kerjajaan Islam di Indonesia. Pemdapat ini berdasarkan catatan perjalanan Marco Polo yang menerangkan bahwa ia pernah singgah di Perlak pada tahun 1292 dan berjumpa dengan orang-orang yang telah menganut Agama Islam. Bukti yang turut memperkuat pendapat ini adalah ditemukannya  nisan makam Raja Samudra Pasai, Sultan Malik Al Saleh yang berangka tahun 1297.

Islam masuk ke Indonesia melalui dua jalur, yaitu :

Jalur utara, dengan rute : Arab (Mekah dan Madinah) – Damaskus – Bagdad – Gujarat (Pantai Barat India) – Srilangka – Indonesia. 

Jalur selatan denganrute : Arab (Mekah dan Madinah) – Yaman – Gujarat – Srilangka – Indonesia.

Jika diurutkan dari barat ke timu, Islam pertama kali masuk di Perlak, bagian utara Sumatra. Hal ini menyangkut strategisnya letak Perlak, yaitu di daerah Selat Malaka, jalur laut perdagangan internasional dari barat ke timur. Islam di Jawa masuk melalui pesisir utara Pulau Jawa ditandai dengan ditemukannya makam Fatimah binti Maimun bin Hibatullah yang wafat pada tahun 475 Hijriah atau 1082 Masehi di Desa Leran, Kecamatan Manyar, Gresik.Kemudian di Kalimantan, Islam masuk melalui Pontianak yang disiarkan oleh bangsawan Arab bernama Sultan Syarif Abdurrahman pada abad ke-18. Di hulu Sungai Pawan, di Ketapang, Kalimantan Barat, ditemukan pemakaman Islam kuno. Angka tahun yang tertua pada makam-makam tersebut adalah tahun 1340 Saka (1418 M). Di Kalimantan Timur, Islam masuk melalui Kerajaan Kutai yang dibawa oleh dua orang penyiar agama dari Minangkabau yang bernama Tuan Haji Bandang dan Tuan Haji Tunggang Parangan. Di Kalimantan Selatan, Islam masuk melalui Kerajaan Banjar yang disiarkan oleh Dayyan, seorang khatib (ahli khotbah) dari Demak. Di Kalimantan Tengah, bukti kedatangan Islam ditemukan pada masjid Ki Gede di Kotawaringin yang bertuliskan angka tahun 1434 M. Di Sulawesi, Islam masuk melalui raja dan masyarakat Gowa-Tallo. Hal masuknya Islam ke Sulawesi ini tercatat pada Lontara Bilang. Menurut catatan tersebut, raja pertama yang memeluk Islam ialah Kanjeng Matoaya, raja keempat dari Tallo yang memeluk Islam pada tahun 1603. Diperkirakan Islam di daerah ini disiarkan oleh keempat ulama dari Irak, yaitu Syekh Amin, Syekh Mansyur, Syekh Umar, dan Syekh Yakub pada abad ke-8. Sejarah masuknya Islam pertama kali dimulai dari kedatangan pedagang Gujarat, lalu setelahnya diikuti oleh datangnya pedagang dari Arab, India dan Persia yang menganut Agama Islam ke Indonesia. Dimana disamping mereka menyelenggarakan kegiatan jual beli, mereka turut serta menyebarkan Agama Islam kepada penduduk Indonesia pada kala itu.

Menurut Uka Tjandrasasmita, masuknya Islam di Indonesia dilakukan enamsaluran yaitu:

Saluran Perdagangan

Pada taraf permulaan, proses masuknya Islam adalah melalui perdagangan. Kesibukan lalu-lintas perdagangan pada abad ke-7 hingga ke-16 membuat pedagang-pedagang Muslim (Arab, Persia dan India) turut ambil bagian dalam perdagangan dari negeri-negeri bagian Barat, Tenggara dan Timur Benua Asia. Saluran Islamisasi melalui perdagangan ini sangat menguntungkan karena para raja dan bangsawan turut serta dalam kegiatan perdagangan, bahkan mereka menjadi pemilik kapal dan saham. Mereka berhasil mendirikan masjid dan mendatangkan mullah-mullah dari luar sehingga jumlah mereka menjadi banyak dan karena keturunan mereka yang berada di Sebagian besar wilayah pulau-pulau di Indonesia menjadikan kini mayoritas penduduk Indonesia beragama muslim.

Saluran Perkawinan

Dilihat dari sudut ekonomi, para pedagang muslim memiliki status sosial yang lebih tinggi dari pada penduduk asli Indonesia di masa itu, sehingga tidak sedikit penduduk pribumi yang tertarik untuk menjalin hubungan yang lebih serius dengan para pedagang muslim tersebut khususnya para putri raja dan bangsawan. Sehingga tidak sedikit akibat perkawinan tersebut muncul lah kerajaan - kerajaan Islam besar di Indonesia.



Saluran Tasawuf

Pengajar-pengajar tasawauf atau para sufi mengajarkan teosofi yang bercampur dengan ajaran yang sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Mereka mempunyai kemampuan dan kekuatan-kekuatan menyembuhkan. Dengan ilmu tasawufnya mereka mengajarkan Islam kepada pribumi yang mempunyai persamaan dengan alam pikiran mereka yangb sebelumnya menganut agama hindu, sehingga agama Islam mudah dimengerti dan di terima. 

Saluran Pendidikan

Islamisasi juga dilakukan melalui pendidikan. Para calon ulama, guru agama dan kiai mendapatkan pendidikan agama di pesantren maupun pondok. Sehingga setelahnya mereka keluar dari pesantren dan pulang ke kampung masing-masing kemudian mereka berdakwah ketempat tertentu untuk mengajarkan Islam.

Saluran Kesenian

Saluran Islamisasi melalui kesenian yang paling terkenal adalah pertunjukan wayang. Sunan kalijaga adalah tokoh yang paling mahir dalam mementaskan wayang. Dia tidak pernah meminta upah pertunjukan, tetapi ia meminta para penonton untuk mengikutinya mengucapkan kalimat syahadat. Sebagian besar cerita wayang masih dipetik dari cerita mahabarata dan ramayana, tetapi di dalam cerita itu disisipkan ajaran dan nama-nama pahlawan Islam. Kesenian-kesenian lain yang juga dijadikan alat Islamisasi yaitu seperti sastra (hikayat, babad, dan sebagainya ), seni bangunan dan seni ukir.

Saluran Politik

Di maluku dan sulawesi selatan, kebanyakan rakyat masuk Islam setelah rajanya memeluk Islam terlebih dahulu. Pengaruh politik raja sangat membantu tersebarnya Islam didaerah ini.









 Sistem kepercayaan dari agama islam.

Sistem kepercayaan umat Islam didasarkan atas keyakinan tentang adanya rukun iman dan rukun Islam yang dimana Rukun iman merupakan dasar kepercayaan umat Islam kepada Allah SWT.Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), iman artinya kepercayaan (yang berkenaan dengan agama) keyakinan dan kepercayaan kepada Allah, nabi, kitab,ketetapan hati, keteguhan batin dan keseimbangan batin. Jadi iman itu keyakinan atau kepercayaan kepada Allah SWT. Terkait 6 rukun iman sebenarnya sudah ditetapkan dalam Al Quran sesuai firman Allah SWT yang berbunyi:

لَيْسَ الْبِرَّ أَنْ تُوَلُّوا وُجُوهَكُمْ قِبَلَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ وَلَٰكِنَّ الْبِرَّ مَنْ آمَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَالْمَلَائِكَةِ وَالْكِتَابِ وَالنَّبِيِّينَ وَآتَى الْمَالَ عَلَىٰ حُبِّهِ ذَوِي الْقُرْبَىٰ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينَ وَابْنَ السَّبِيلِ وَالسَّائِلِينَ وَفِي الرِّقَابِ وَأَقَامَ الصَّلَاةَ وَآتَى الزَّكَاةَ وَالْمُوفُونَ بِعَهْدِهِمْ إِذَا عَاهَدُوا ۖ وَالصَّابِرِينَ فِي الْبَأْسَاءِ وَالضَّرَّاءِ وَحِينَ الْبَأْسِ ۗ أُولَٰئِكَ الَّذِينَ صَدَقُوا ۖ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُتَّقُونَ

Memiliki arti sebagai berikut:

"Kebajikan itu bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan ke barat, tetapi kebajikan itu ialah (kebajikan) orang yang beriman kepada Allah, hari akhir, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabat, anak yatim, orang-orang miskin, orang-orang yang dalam perjalanan (musafir), peminta-minta, dan untuk memerdekakan hamba sahaya, yang melaksanakan sholat dan menunaikan zakat, orang-orang yang menepati janji apabila berjanji, dan orang yang sabar dalam kemelaratan, penderitaan dan pada masa peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar, dan mereka itulah orang-orang yang bertaqwa." (Al Baqarah: 177)

Dalam sebuah hadist juga menyebutkan mengenai 6 rukun iman:

الايمان أن تؤمن بالير وملكته وكتبه ورسله واليوم الآخر وتؤمين بالقدر خيره وشره (رواه مسلم)

Memiliki arti sebagai beriku:

"Keimanan itu ialah engkau akan percaya (beriman) pada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab suci-Nya, rasul-rasul-Nya, hari akhir (kiamat) dan engkau akan percaya kepada takdir baik dan buruk dari pada-Nya." (HR. Muslim).

Dalam agama islam terdapat 6 rukun iman yang sudah ditanamkan sedari kecil bagi penganut agama tersebut diantaranya yaitu:

Rukun Iman 1: Iman kepada Allah SWT

Makna rukun iman yang pertama yakni iman kepada Allah SWT yakni meyakini sepenuh hati bahwa Allah SWT itu ada. Tidak hanya yakin, kamu juga harus percaya kalau Allah SWT ada dan berwujud.


Percaya bahwa Allah ada tanpa ada sesuatu lain yang mengadakannya. Dia lah pemelihara seluruh alam semesta. Percaya kalau Allah SWT satu-satunya Tuhan yang harus disembah dan tiada Tuhan selain Allah SWT, Maha Tunggal dan Maha Kuasa atas segala-galanya.

Rukun Iman 2: Iman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT

Sementara rukun iman kedua berbunyi, iman kepada malaikat-malaikat Allah SWT. Makna rukun iman kepada malaikat dengan meyakini kalau malaikat berwujud dan mengetahui nama serta tugasnya.Percaya bahwa malaikat merupakan utusan Allah SWT yang diciptakan dari cahaya dan tidak bisa dilihat mata manusia. Percaya kalau malaikat bersifat ghaib yang hanya diberi akal oleh Allah SWT dan tidak punya nafsu

Rukun Iman 3: Iman kepada Kitab-kitab Allah SWT

Rukun iman ketiga, iman kepada kitab Allah SWT. Makna iman kepada kitab adalah percaya kalau kitab suci datangnya dari Allah SWT dititipkan kepada nabi kita. Allah SWT menurunkan kitab suci sebagai pedoman agar manusia mengetahui antara hak dan yang batil, baik dan buruk, haram dan kebahagiaan dunia-akhirat.

Ada empat kitab suci yang diturunkan kepada nabi yaitu:

1. Taurat diturunkan kepada Nabi Musa

2. Zabur diturunkan kepada Nabi Daud

3. Injil diturunkan kepada Nabi Isa

4. Al Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW

Rukun Iman 4: Iman kepada Rasul dan Nabi Allah SWT

Makna rukun iman keempat, iman kepada Rasul dan Nabi Allah SWT, adalah percaya dan yakin kalau nabi serta rasul merupakan manusia utusan Allah SWT. Nabi dan Rasul merupakan manusia ciptaan Allah SWT yang bertugas menyampaikan kabar gembira dan memberikan petunjuk kepada umat manusia agar selalu berada di jalan yang lurus. Makna rukun iman kepada nabi dan Rasul juga harus mempercayai segala ajarannya

Rukun Iman 5: Iman kepada Hari akhir

Makna rukun iman kelima, iman kepada hari akhir. Artinya mempercayai bahwa hari akhir atau hari kiamat itu ada. Yakin akan adanya tanda-tanda datangnya hari kiamat.

Rukun Iman 6: Iman kepada Qada' dan qadar

Rukum iman keenam, iman kepada qada' dan qadar. Makna rukun iman terakhir adalah meyakini bahwa takdir baik dan buruk datangnya dari Allah SWT. Qada' berarti takdir tetap. Artinya setiap manusia sudah mendapatkan takdir tetap dari Allah SWT sejak lahir ke dunia, mulai dari rezeki, jodoh, nasib, dan lain sebagainya.

Sementara qadar artinya ketentuan atau kepastian dari Allah SWT. Takdir Allah SWT yang menentukan kejadian saat ini, hal yang sedang terjadi, dan akan terjadi. Qadha artinya ketetapan. Sebelum manusia lahir di dunia, Allah SWT sudah menetapkan segala tentang kehidupan manusia tersebut. Mulai dari rezeki, kematian, nasib dan lain sebagainya.

Selanjutnya adanya rukun islam sendiri dapat diartikan sebagai perbuatan atau amalan yang berbentuk fisik dan diyakini dapat menjadi perantara untuk masuk ke surga nantinya. Bagi umat islam di seluruh dunia diwajibkan untuk memahami serta melaksanakan beberapa diantaranya dengan syarat dan ketentuan. Hal ini dikarenakan rukun islam dikenal sebagai pilar atau pondasi dari agama islam tersebut.

Dalam pelaksanaan rukun islam ada syarat tertentu yang dapat menentukan apakah seorang wajib melakukannya atau menjadi sunnah. Terdapat setidaknya 5 aspek yang perlu diketahui sesuai dengan hadist berikut.

Memiliki arti sebagai berikut:

“Islam dibangun diatas lima perkara:persaksian bahwa tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, pergi haji, dan puasa di bulan Ramadhan”.(HR.Al-Bukhari dan Muslim)

Dalam hadist diatas sudah disebutkan bahwa Islam dibangun atas lima perkara sebagai pondasi dalam hidup untuk mendapatkan ridho dari Allah SWT. Disamping itu terdapat aturan tersendiri sebelum melaksanakannya, pembahasannya adalah sebagai berikut:

1. Syahadat 

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum masuk islam adalah syahadat atau persaksian. Disamping itu perlu mengetahui maknanya agar dapat mengamalkan secara benar. Umumnya Sebagian masyarakat menggunakan sebagai amalan harian , berikut ini lafaznya:

Saat mengucapkan kalimat tersebut harus diiringi dengan kehati-hatian karena berkaitan dengan keyakinan terhadap Allah SWT. Selain itu juga tidak boleh disembarang tempat misalnya toilet mencerminkan perbuatan menghina dikarenakan dilafazkan pada lokasi yang najis.

2. Shalat

Dikutip dari KBBI adalah ibadah yang harus dilakukan oleh muslim mukalaf dengan syarat, rukun dan bacaan tertentu dimulai dari takbir dan diakhiri dengan salam.

Pada awalnya disyariatkan pelaksanaannya bilangan shalat mencapai 50 rakaat kemudian Rasulullah disarankan untuk menghadap kepada Allah agar menguranginya sampai beberapa kali. Akhirnya menjadi seperti yang diwajibkan saat ini yaitu 17 rakaat dalam 5 waktu. Berikut ini rinciannya:

a) Shalat subuh berjumlah 2 rakaat

b) Shalat zuhur berjumlah 4 rakaat

c) Shalat ashar berjumlah 4 rakaat

d) Shalat magrib berjumlah 3 rakaat

e) Shalat isya berjumlah 4 rakaat

3. Zakat

Merupakan kegiaatn wajib yang harus dilakukan oleh umat islam setiap bulan Ramadhan dengan syarat dan aturan pengerjaan yang sudah ditetapkan. Takarannya sendiri ditetapkan agar tidak memberatkan umatnya sehingga banyak yang dapat melaksanakannya.

Hasil dari zakat fitrah ini nantinya dibagikan kepada 8 asnaf atau penerima. Tujuannya yaitu untuk membantu kesulitan saudara sesama muslin terutama yang tidak mampu agar mereka dapat menikmati makanan secara layak. Saat pelaksanaannya ada Batasan waktu dan syarat tertentu.

4. Puasa

Menjalankan ibadah puasa pada Bulan Ramadhan merupakan ibadah wajib yang harus dilaksanakan setiap tahunnya. Agar tidak salah dalam memahaminya ada baiknya mengetahui terkait tentang ketentuan dan pembahasan yang melatar belakanginya karena menjadi penentu keabsahannya.

Meskipun poin utama dari puasa adalah menahan rasa haus dan lapar , namun secara lebih mendalam hal ini juga berkaitan dengan mengontrol beberapat kegiatan yang bersifat negatif. Sebagai contoh hawa nafsu yang berlebihan, amarah serta agar dapat merasakan sulitnya saudara yang kurang beruntung.

5. Naik haji

Menunaikan ibadah haji bagi yang mampu sebenarnya pelaksanaanya sangat dianjurkan, namun melihat keadaan umat manusia yang bermacam-macam sehingga menjadikan hukumnya dibolehkan. Alasan mengapa dikatakan wajib untuk mampu arena perjalanan menuju tanah suci memerlukan dana yang tidak sedikit. Ibadah haji sendiri dilaksanakan setiap tahunnya pada bulan Zulhijjah, pada waktu tersebut umat muslim seluruh dunia berkumpul ditempat yang sama yaitu Baitullah


 Perkembangan agama islam di Indonesia. 

Perkembangan agama Islam di Indonesia semakin pesat dengan berdirinya kerajaan-kerajaan Islam. Perkembangan kerajaan Islam di Indonesia berlangsung antara abad ke-13 hingga abad ke-18. Kerajaan tersebut dapat dibagi berdasarkan lokasi pusat pemerintahan mereka, yaitu di Sumatera, Jawa, Sulawesi, dan Maluku.

Kerajaan Islam yang didirikan pertama kali adalah Kerajaan Perlak. Bukti sejarah yang menunjukkan terdapat masyarakat dan kerajaan Islam dilaporkan oleh Marco Polo dari Venesia yang singgah di Kerajaan Perlak dalam perjalanan pulang ke Italia tahun 1292. Di perlak, Marco Polo juga menjumpai adanya penduduk yang telah memeluk Islam dan pedagang Islam dari India yang menyebarkan agama Islam.

Menyusul Kerajaan Perlak, berdiri pula Kerajaan Samudra Pasai. Bukti sejarah adanya kerajaan ini ditulis oleh Ibnu Batutah, seorang utusan kerajaan Delhi ke Tiongkok. Dalam perjalanan dari India ke Tiongkok, Ibnu Batutah singgah di Samudra Pasai dan mengunjungi istana Sultan Malik Az-Zahir. Dari hasil kunjungannya ke kerajaan Islam di Samudra Pasai, diketahui bahwa Samudra Pasai merupakan pelabuhan penting tempat kapal-kapal India dan Tiongkok berlabuh. Selain kedua kerajaan tersebut, kerajaan Islam lain yang pernah berdiri di Indonesia di antaranya adalah Kerajaan Demak, Kerajaan Banten, Kerajaan Mataram, Kerajaan Makassar, Kerajaan Ternate, Kerajaan Tidore, dan Kerajaan Aceh Darussalam.

Agama islam mengalami perkembangan pada peradabannya yang dimulai dari periode klasik, periode pertengahan dan periode modern. 

Periode klasik (650-1258 M)

Era ini adalah masa kemajuan, keemasan, dan kejayaan Islam. Periode ini dibagi menjadi fase ekspansi dan disintegrasi

Fase ekspansi, integrasi, dan pusat kemajuan

Masa ini berlangsung pada 650-1000 M dengan daerah penyebaran Islam yang makin luas, melalui Afrika utara sampai ke Spanyol di bumi bagian barat. Islam juga melalui Persia sampai ke India di bumi sebelah timur. Di masa inilah perkembangan ilmu pengetahuan, agama, bahasa, dan lain-lain mencapai puncaknya. Era ini juga menghasilkan ulama besar misal Imam Malik, Imam Abu Hanifah, Imam Syafi'i dan Imam Ibn Hambal dalam bidang Fiqh.

Fase disintegrasi

Era pada kurun waktu 1000 - 1250 M ini mulai mengalami kemunduran. Kekuasaan khalifah menurun, hingga akhirnya Baghdad dirampas dan dihancurkan Hulagu Khan pada tahun 1258 M.

B. Periode pertengahan

Sama seperti sebelumnya, periode ini juga terbagi atas tiga fase. Umat Islam yang mengalami kemunduran, bangit kembali melalui tiga kerajaan besar

Fase kemunduran

Tahap ini berlangsung pada 1250-1500 M dengan desentralisasi dan disintegrasi yang makin menguat di masyarakat. Perbedaan antara Sunni dan Syi'ah serta Arab dan Persia semakin nyata. Dunia Islam terbagi menjadi Arab dan Persia. Bagian Arab yang terdiri dari Arabia, Irak, Suria, Palestina, Mesir dan Afrika utara berpusat di Mesir. Bagian Persia yang terdiri dari Balkan, Asia kecil, Persia dan Asia tengah berpusat di Iran.

Fase tiga kerajaan besar

Masa yang berlangsung pada 1500 - 1700 M dilanutkan dengan fase kemunduran di 1700 - 1800 M. Tiga kerajaan adalah Utsmani di Turki, Safawi di Persia dan Mughal di India. Kejayaan Islam pada tiga kerajaan besar masih bisa disaksikan hingga kini. Peninggalan tersebut bisa disaksikan dalam bentuk arsitek di Istanbul, Iran dan Delhi.


Periode modern

Pada periode yang berlangsung mulai 1800 hingga sekarang ini, umat mencari tahu penyebab kejatuhan Islam. Para pemimpin dan pemuka Islam memikirkan bagaimana meningkatkan mutu dan kekuatan umat Islam. Di era sejarah perkembangan peradaban Islam ini, kondisi muslim berbanding terbalik dengan periode klasik. Umat Islam yang awalnya menjadi pusat peradaban, kini kagum pada perkembangan budaya dan kemajuan kelompok masyarakat lain.

Perkembangan Islam di Indonesia memunculkan beberapa teori antara lain teori gujarat, Mekah, dan Persia. Namun, ada juga teori lain tentang perkembangan awal Islam di Indonesia. Secara umum, perkembangan Islam di Indonesia, baik dalam agama maupun tradisi, terjadi setelah bangsa Indonesia bergaul dengan berbagai bangsa yang ditandai dengan terjalinnya hubungan dagang antara kawasan Nusantara dan tetangganya, baik di Asia Tenggara, Asia Selatan, maupun negeri Arab.

Media dalam Islamisasi

Dalam buku "Sejarah Indonesia Periode Islam" juga dijelaskan media atau saluran-saluran dalam perkembangan islam di Indonesia, di antaranya:

Perdagangan

Pada taraf permulaan, saluran Islamisasi adalah perdagangan. Kesibukan lalu lintas perdagangan pada abad ke-7 hingga ke-16 M, membuat pedagang pedagang Muslim (Arab, Persia, dan India) turut ambil bagian dalam perdagangan dari negeri-negeri Barat, Tenggara, dan Timur Benua Asia. Media islamisasi melalui perdagangan dinilai sangat menguntungkan karena para raja dan bangsawan turut serta dalam kegiatan perdagangan secara langsung.

Perkawinan

Dari sudut ekonomi, para pedagang muslim memiliki status sosial yang lebih baik daripada kebanyakan pribumi, sehingga penduduk pribumi, terutama putri-putri bangsawan, tertarik untuk menjadi istri saudagar. Saat menikah dengan saudagar Islam, proses sebelumnya adalah memeluk agama Islam terlebih dahulu. Berawal dari situ, kemudian banyak kampung kampung, daerah-daerah, dan kerajaan-kerajaan muslim yang dikawini oleh keturunan bangsawan.

Tasawuf

Salah satu saluran Islamisasi yang dinilai memiliki peran yang signifikan dalam penyebaran ajaran Islam adalah tasawuf. Dalam konteks penyebaran ajaran Islam di Nusantara, para pengajar tasawuf atau para sufi, mengajarkan teosofi yang bercampur dengan ajaran yang sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia.

Pendidikan

Islamisasi juga dilakukan melalui pendidikan. Proses pendidikan dan pengajaran Islam ini sudah berlangsung sejak Islam masuk ke Nusantara. Ketika pemeluk agama Islam sudah banyak dan telah terbentuk komunitas muslim, maka proses pendidikan dan pengajaran Islam tidak lagi hanya dilaksanakan secara informal, tetapi sudah dilaksanakan secara teratur di tempat-tempat tertentu. Secara umum, model pendidikan pada masa itu ada dua, yakni pendidikan langgar dan pendidikan pesantren.


Kesenian

Saluran Islamisasi melalui kesenian yang paling terkenal adalah pertunjukan wayang. Dikatakan bahwa Sunan Kalijaga adalah tokoh yang paling mahir dalam mementaskan wayang. Sunan Kalijaga tidak pernah meminta upah pertunjukan, tetapi ia meminta para penonton untuk mengikutinya untuk mengucapkan kalimat syahadat. Sebagian besar cerita wayang masih dipetik dari cerita Mahabharata dan Ramayana, tetapi di dalam cerita itu disisipkan ajaran dan nama-nama pahlawan Islam. Kesenian-kesenian lain juga dijadikan alat Islamisasi, seperti sastra (hikayat, babad, dan sebagainya), seni bangunan, dan seni ukir.

Politik 

Di Maluku dan Sulawesi Selatan, kebanyakan rakyat masuk Islam setelah rajanya memeluk Islam terlebih dahulu. Pengaruh politik raja sangat membantu tersebarnya Islam di daerah ini. Di samping itu, baik di Sumatra dan Jawa maupun di Indonesia bagian timur, demi kepentingan politik, kerajaan-kerajaan Islam memerangi kerajaan-kerajaan nonIslam. Kemenangan kerajaan Islam secara politis banyak menarik penduduk kerajaan bukan Islam itu masuk Islam.

Peranan Wali dan Ulama

Salah satu cara penyebaran agama Islam ialah dengan cara mendakwah. Di samping sebagai pedagang, para pedagang Islam dahulu juga berperan sebagai mubaligh. Ada juga para mubaligh yang datang bersama pedagang dengan misi agamanya. Penyebaran Islam melalui dakwah ini berjalan dengan cara para ulama mendatangi masyarakat objek dakwah, dengan menggunakan pendekatan sosial budaya. Pola ini memakai bentuk akulturasi, yaitu menggunakan jenis budaya setempat yang dialiri dengan ajaran Islam di dalamnya. Di samping itu, para ulama ini juga mendirikan pesantren- pesantren sebagai sarana pendidikan Islam.

Perkembangan agama islam sangat pesat dan di indonesia, penduduknya mayoritas beragama islam. 

 Kitab suci dari agama islam.

Al quran adalah kitab suci yang diturunkan Allah SWT kepada nabi Muhammad SAW sebagai rahmat yang tak ada taranya bagi alam semesta, di dalamnya terkumpul wahyu Ilahi yang menjadi petunjuk, pedoman dan pelajaran bagi siapa yang mempelajarinya dan mengamalkannya. Bukan itu saja tetapi juga Al quran adalah sebagai kitab suci terakhir di turunkan Allah SWT yang isinya mencakup segala pokok-pokok syariat yang terdapat dalam kitab-kitab sebelumnya.

 Karena itu orang yang mempercayai Al quran akan bertambah cinta kepadanya, cinta untuk membacanya, untuk mempelajarinya dan memahaminya serta untuk mengamalkannya dan mengajarkannya sampai merata rahmatnya dirasakan oleh penghuni alam semesta. Sehubungan dengan hal tersebut di dalam mukaddimah Al quran dan Terjemahnya juga ditegaskan bahwa: Membaca Al quran, baik mengetahui artinya maupun tidak adalah termasuk ibadah, amal saleh dan memberi rahmat serta menjadi manfaat bagi yang melakukannya, memberi cahaya ke dalam hati yang membacanya sehingga terang benderang, juga memberi cahaya kepada keluarga, rumah tangga tempat Al quran itu dibaca.1 Jadi, setiap mu’min harus yakin bahwa membaca Al quran saja sudah termasuk amal yang mulia dan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda 1 Departemen Agama RI, Al quran dan Terjemahnya, Proyek Pengadaan Kitab Suci Al quran, Jakarta, 1976-1977. h. 122 View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk brought to you by CORE provided by IAIN Antasari Institutional Repository 2 sebab yang dibacanya adalah kitab suci dari Ilahi yang diturunkan-Nya kepada umat manusia, Al quran adalah sebaik-baik bacaan bagi orang mu’min, baik dikala susah, dikala gembira ataupun dikala sedih bahkan membaca Al quran itu bukan saja menjadi amal ibadah tetapi juga menjadi obat penawar bagi orang yang yang sedang gelisah jiwanya, seperti firman Allah SWT dalam surah Al-Isra ayat 82 yang berbunyi: ْ ؤ ُ ْلم ِّ ٌ ل ة ْْحَ َ ور َّ ٌ فاء شِ َ و ُ اه َ م انِ ْ ر ُ الْق َ ن ِ ل م ُ ز َِّ ن ُ ن َ و ُ د ْ ِزي َ ي الَ َ ْ َْي و ِ ن ِ م ا ً ار َ َس خ َّ ال ِ ْ َْي ا مِ ِ الظّل )االسراء:٨٢) Manusia adalah makhluk sosial yang hidup dalam masyarakat. 

Aktivitasnya dalam kehidupan sehari-hari tidak akan terlepas dari berbagai macam aspek kehidupan, salah satunya adalah aspek keagamaan. Pembelajaran Al Qur’an Hadits merupakan bagian dari pelajaran agama yang menyangkut pada bacaan surah-surah pendek/panjang. Berbagai inovasi pembelajaran telah muncul dalam rangka upaya untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Pembelajaran dengan menggunakan metode driil adalah salah satu inovasi pembelajaran di mana peserta didik disuruh maju ke depan kelas untuk menghafal surah-surah sesuai dengan hukum dan bacaan tajwidnya. Namun, kenyataan di lapangan bahwa kemampuan siswa dalam menghafal pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits masih sangat rendah bahkan di bawah target minimal yang harus dilampaui.






















BAB III

PENUTUP


3.1. Kesimpulan 

Perkembangan agama Islam di Indonesia semakin pesat dengan berdirinya kerajaan-kerajaan Islam. Perkembangan kerajaan Islam di Indonesia berlangsung antara abad ke-13 hingga abad ke-18. Kerajaan tersebut dapat dibagi berdasarkan lokasi pusat pemerintahan mereka, yaitu di Sumatera, Jawa, Sulawesi, dan Maluku. perkembangan Islam di Indonesia, baik dalam agama maupun tradisi, terjadi setelah bangsa Indonesia bergaul dengan berbagai bangsa yang ditandai dengan terjalinnya hubungan dagang antara kawasan Nusantara dan tetangganya, baik di Asia Tenggara, Asia Selatan, maupun negeri Arab. Perkembangan Islam tidak lepas dari adanya para  pedagang yang datang ke indonesia dengan tujuan berdagang. contoh nya teori gujarat, pedagang dari gujarat datang ke indonesia dan membawa agama islam, ada juga pedagang dari arab namanya teori arab. Selain itu ada lagi teori lain yang awalnya juga berdagang seperti dengan adanya Teori Tiongkok dan Teori Persia.Perkembangan islam di Indonesia juga tidak lepas dari penyebar agama islam yang dikenal dengan Wali Songo di jawa dan Dato Tallu di Sulawesi. Masa kejayaan Islam adalah pada periode klasik (650-1258 M) Era ini adalah masa kemajuan, keemasan, dan kejayaan Islam. Dan era kemunduran Islam terjadi  pada kurun waktu 1000 - 1250 M ini mulai mengalami kemunduran, Kekuasaan khalifah menurun, hingga akhirnya Baghdad dirampas dan dihancurkan Hulagu Khan pada tahun 1258 M.

3.2. Saran 

Setelah melihat kesimpulan yang ada di atas, maka penulis memberikan saran untuk perkembangan Agama Islam di Indonesia Agar Agama Islam terus berkembang harus dan sangat penting adanya kekompakan para tokoh agama dan ormas-ormas lainnya dalam rangka Berdakwah memberikan penerangan Islam ke pada seluruh masyarakat. Dan diharapkan dengan makalah ini mampu memberikan pengetahuan mengenai agama islam di Indonesia. 









DAFTAR PUSTAKA



Anindya, N. N. (t.thn.). Makalah Perkembangan Islam Di Indonesia. Diambil kembali dari Academia: https://m.merdeka.com/jabar/proses-masuknya-islam-ke-indonesia-berikut-perkembangannya-kln.html

Astuti, N. P. (2021, Januari 7). Proses Masuknya Islam ke Indonesia, Berikut Perkembangannya. Diambil kembali dari Merdeka.com: https://m.merdeka.com/jabar/proses-masuknya-islam-ke-indonesia-berikut-perkembangannya-kln.html

Islam di Indonesia. (t.thn.). Diambil kembali dari Indoneia-Investment: https://www.indonesia-investments.com/id/budaya/agama/islam/item248?

Madjid, M. D. (2014). Ilmu Sejarah : Sebuah Pengantar. Diambil kembali dari http://eprints.radenfatah.ac.id/3830/2/BAB%20I.pdf

Nandy. (2021, November 8). 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam, Ini Penjelasan Lengkapnya. Diambil kembali dari Gramedia Blog: https://www.gramedia.com/best-seller/rukun-iman-dan-rukun-islam/

Proses Masuk dan Berkembangnya Agama Islam di Indonesia. (2020, Februari 26). Diambil kembali dari Kelas Pintar: https://www.kelaspintar.id/blog/edutech/proses-masuk-dan-berkembangnya-agama-islam-di-indonesia-3399/#:~:text=Perkembangan%20agama%20Islam%20di%20Indonesia,Jawa%2C%20Sulawesi%2C%20dan%20Maluku.

Yasmin, P. (2019, Oktober 1). 15 Kerajaan Islam di Indonesia dan Peninggalannya. Diambil kembali dari detikNews: https://news.detik.com/berita/d-4728897/15-kerajaan-islam-di-indonesia-dan-peninggalannya

Yulistara, A. (2021, November 15). 6 Rukun Iman dan Penjelasannya yang Mudah Dipahami. Diambil kembali dari Detik.com: https://wolipop.detik.com/hijab-update/d-5811133/6-rukun-iman-dan-penjelasannya-yang-mudah-dipahami?single



Tidak ada komentar:

Posting Komentar